Algoritma Dan Pemrograman II - 24/01/19 - Orang Kampung

Halaman

    Social Items

 

 

1. Penjumlahan Bilangan dengan Turbo Pascal


Program perhitungan_bilangan;
Uses Crt;
Var
A, B, Kali, Kurang, Tambah : Integer;
Bagi : Real;
Begin
     Clrscr;

     Write('Masukan Bilangan A :');readln(A);
     Write('Masukan Bilangan B :');readln(B);

     Kali := A*B;
     Kurang := A-B;
     Tambah := A+B;
     Bagi := A/B;

     Clrscr;

     Writeln('Bilangan A :',A);
     Writeln('Bilangan B :',B);
     Writeln('Hasil Perkalian Bilangan A dan B :' ,Kali);
     Writeln('Hasil Pengurangan Bilangan A dan B :' ,Kurang);
     Writeln('Hasil Penjumlahan Bilangan A dan B :' ,Tambah);
     Writeln('Hasil Pembagian Bilangan A dan B :' ,Bagi);
     Writeln;
End.
Hasilnya akan seperti dibawah ini :

 Untuk mendapatkan hasil seperti di atas, tekan shortcut pada keyboard :
Alt + F9 = Untuk Compile
Ctrl + F5 = Untuk Run 
Alt + F5 = Untuk Lihat Hasil

2. Algoritma, Pseucode dan Flowchart Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

1. Algoritma - Mulai - Masukan Jari-jari - Luas = 3.14 * r * r - Keliling = 2 * 3.14 * r - Tampilkan Luas dan Keliling - Selesai 2. Pseucode - Start - Input r - Set keliling = 2 * 3.14 * r - Set luas = 3.14 * r * r - Display keliling - Display luas - End 3. Flowchart

3. Program Mencari Luas Segitiga, Keliling Persegi Panjang, dan Volume Kerucut

Ketikan baris kode pascal dibawah ini :

Program sederhana;
Uses Crt;
Var
   pil  : byte;
   a, t, p, l, r, Hasil : integer;
   Luas : real;
   Volume : real;
Begin
     Clrscr;
     Writeln('Menu Program');
     Writeln('1. Menghitung Luas Segitiga');
     Writeln('2. Menghitung Keliling Persegi Panjang');
     Writeln('3. Menghitung Volume Kerucut');

     Write('Masukan Pilihan :'); readln(pil);

     if pil = 1 then

     begin
     clrscr;
     Writeln('Menghitung Luas Segitiga');
     Write('Masukan Nilai Alas :'); readln(a);
     Write('Masukan Nilai Tinggi :'); readln(t);
     writeln;
     Luas := (a*t)/2;
     Writeln('Luas Segetiga adalah =' ,Luas:6:2);
     readln;
     end

     else if pil = 2 then

     begin
     clrscr;
     Writeln('Menghitung Keliling Persegi Panjang');
     Write('Masukan Panjang Persegi Panjang :'); readln(p);
     Write('Masukan Lebar Persegi Panjang :'); readln(l);
     writeln;
     Hasil := 2*(p+l);
     Writeln('Keliling Bangun Persegi Panjang adalah: ' ,Hasil);
     readln;
     end

     else if pil = 3 then

     begin
     clrscr;
     Writeln('Menghitung Volume Kerucut');
     Write('Masukan tinggi kerucut :'); readln(t);
     Write('Masukan Jari-jari Kerucut :'); readln(r);
     Writeln;
     Volume := (1/3) * (22/7) * r * r * t;
     Writeln('Volume Kerucut adalah : ' ,Volume);
     readln;
     end

     else
     begin
     clrscr;
     writeln('tidak ada pilihan dari angka yang anda masukan');
     readln;
     end
End.
Jalankan Kode Pascal dengan Cara Alt + F9 Untuk Compile Program Ctrl + F9 Untuk Menjalankan Program Alt + F5 Untuk Melihat Hasil Program Dan hasilnya akan seperti dibawah ini

Hasil Compile
Hasil Program(1) - Luas Segitiga
Hasil Program(2) - Keliling Persegi Panjang
Hasil Program(3) - Volume Kerucut

4. Algoritma Mencari Luas Trapesium

1. Mulai 2. Deklarasi Variabel Luas, Rusuk, Tinggi 3. Masukan Rusuk 4. Masukan Tinggi 5. Luas = 0.5 x Rusuk x Tinggi 6. Tampilkan Luas 7. Selesai

Algoritma Dan Pemrograman II - 24/01/19

 

 

1. Penjumlahan Bilangan dengan Turbo Pascal


Program perhitungan_bilangan;
Uses Crt;
Var
A, B, Kali, Kurang, Tambah : Integer;
Bagi : Real;
Begin
     Clrscr;

     Write('Masukan Bilangan A :');readln(A);
     Write('Masukan Bilangan B :');readln(B);

     Kali := A*B;
     Kurang := A-B;
     Tambah := A+B;
     Bagi := A/B;

     Clrscr;

     Writeln('Bilangan A :',A);
     Writeln('Bilangan B :',B);
     Writeln('Hasil Perkalian Bilangan A dan B :' ,Kali);
     Writeln('Hasil Pengurangan Bilangan A dan B :' ,Kurang);
     Writeln('Hasil Penjumlahan Bilangan A dan B :' ,Tambah);
     Writeln('Hasil Pembagian Bilangan A dan B :' ,Bagi);
     Writeln;
End.
Hasilnya akan seperti dibawah ini :

 Untuk mendapatkan hasil seperti di atas, tekan shortcut pada keyboard :
Alt + F9 = Untuk Compile
Ctrl + F5 = Untuk Run 
Alt + F5 = Untuk Lihat Hasil

2. Algoritma, Pseucode dan Flowchart Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

1. Algoritma - Mulai - Masukan Jari-jari - Luas = 3.14 * r * r - Keliling = 2 * 3.14 * r - Tampilkan Luas dan Keliling - Selesai 2. Pseucode - Start - Input r - Set keliling = 2 * 3.14 * r - Set luas = 3.14 * r * r - Display keliling - Display luas - End 3. Flowchart

3. Program Mencari Luas Segitiga, Keliling Persegi Panjang, dan Volume Kerucut

Ketikan baris kode pascal dibawah ini :

Program sederhana;
Uses Crt;
Var
   pil  : byte;
   a, t, p, l, r, Hasil : integer;
   Luas : real;
   Volume : real;
Begin
     Clrscr;
     Writeln('Menu Program');
     Writeln('1. Menghitung Luas Segitiga');
     Writeln('2. Menghitung Keliling Persegi Panjang');
     Writeln('3. Menghitung Volume Kerucut');

     Write('Masukan Pilihan :'); readln(pil);

     if pil = 1 then

     begin
     clrscr;
     Writeln('Menghitung Luas Segitiga');
     Write('Masukan Nilai Alas :'); readln(a);
     Write('Masukan Nilai Tinggi :'); readln(t);
     writeln;
     Luas := (a*t)/2;
     Writeln('Luas Segetiga adalah =' ,Luas:6:2);
     readln;
     end

     else if pil = 2 then

     begin
     clrscr;
     Writeln('Menghitung Keliling Persegi Panjang');
     Write('Masukan Panjang Persegi Panjang :'); readln(p);
     Write('Masukan Lebar Persegi Panjang :'); readln(l);
     writeln;
     Hasil := 2*(p+l);
     Writeln('Keliling Bangun Persegi Panjang adalah: ' ,Hasil);
     readln;
     end

     else if pil = 3 then

     begin
     clrscr;
     Writeln('Menghitung Volume Kerucut');
     Write('Masukan tinggi kerucut :'); readln(t);
     Write('Masukan Jari-jari Kerucut :'); readln(r);
     Writeln;
     Volume := (1/3) * (22/7) * r * r * t;
     Writeln('Volume Kerucut adalah : ' ,Volume);
     readln;
     end

     else
     begin
     clrscr;
     writeln('tidak ada pilihan dari angka yang anda masukan');
     readln;
     end
End.
Jalankan Kode Pascal dengan Cara Alt + F9 Untuk Compile Program Ctrl + F9 Untuk Menjalankan Program Alt + F5 Untuk Melihat Hasil Program Dan hasilnya akan seperti dibawah ini

Hasil Compile
Hasil Program(1) - Luas Segitiga
Hasil Program(2) - Keliling Persegi Panjang
Hasil Program(3) - Volume Kerucut

4. Algoritma Mencari Luas Trapesium

1. Mulai 2. Deklarasi Variabel Luas, Rusuk, Tinggi 3. Masukan Rusuk 4. Masukan Tinggi 5. Luas = 0.5 x Rusuk x Tinggi 6. Tampilkan Luas 7. Selesai

Subscribe Our Newsletter